Rumah Minimalis Sederhana

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam beberapa tahun kebelakang gaya bangunan minimalis sederhana memang tengah banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia, gaya hunian minimalis sederhana dirasa sangat pas untuk masyarakat Indonesia karena modelnya yang memang tidak neko-neko dan tentu saja karena biaya pembnagunannya yang terhitung lebih ekonomis.

Biasanya gaya rumah minimalis sederhana ini memang dibangun dengan memanfaatkan lahan yang cukup terbatas dan seadaanya, akan tetapi gaya minimalis sederhana ini juga masih mengedepankan estetika arsitek yang cantik, maka dari itu gaya rumah minimlais sederhana ini adalah jawaban dari semua keresahan karena mencari lahan untuk membangun rumah yang semakin sulit.

Bukan hanya perkara bangunan, rumah minimalis sederhana juga memiliki gaya yang sangat khas dalam pemilihan interior didalam ruangan-ruangan rumah, selain warna cat tembok yang cukup kalem atau netral juga sering menjadi ciri khas rumah minimalis sederhana.

Rumah minimalis sederhana memiliki karakteristik yang tegas, kosong, dan minim dalam menggunakan ornament, karena mereka lebih memprioritaskan maslaah fungsional bangunan ketimbnag pernak-pernik estetika, maka dari itu meskipun tetap mendsain rumah dengan cantik tapi bisa dipastikan rumah minimalis sederhana tidak akan memiliki ornament yang neko-neko. Konsep besar rumah minimalis adalah merancang rumah sesuai dengan logika tanpa mengada-ada, maka dari itu semua ruangan atau barang yang ada dalam rumah minimalis sederhana dipastikan memang barang dan runagan fungsional.

Untuk interior rumah minimalis, beberpa penggagas dsain kadang juga memilih untuk meniadakan gagang pintu, sekat ruangan dan juga hiasan dinding, karena menurut mereka hal tersebut memang tidak terlalu perlu, kalaupun ada mereka akan memilih warna dan bentuk yang sebisa mungkin tidak terlalu menonjol.

Tak jarang pula lampu yang digunakan untuk rumah bergaya minimalis sederhana adalah lampu-lampu yang keberadaanya bisa disembunyikan, karena pada prinsipnya yang dibutuhkan dalam rumah tersebut bukanlah lampu melainkan cahaya dari lampu tersebut.

Gaya rumah minimlais sederhana biasanya akan menggunakan konsep jendela yang berukuran lebar dan besar, kadang pula mereka akan mengganti beberapa pintu dengan kaca agar mendapatkan pasokan udara dan cahaya yang cukup, selain itu keberadaan kaca juga membuat kesan rumah menjadi luas.

Gaya khas lain dari rumah minimalis modern adalah banyaknya garis-garis lurus entah horizontal ataupun vertical pada struktur rumah, selian itu bagian pojok-pojok rumah juga dipastikan memiliki ketegasan yang cukup. Untuk pemilihan warna tembok, gaya rumah minimlais sederhana kebanyakan akan menggunakan warna monokrom, karena warna-warna ini memang terkesan simple, dan memberikan kesan luas.

Gaya rumah minimalis sederhana tak jarang pula menghadirkan taman minimalis, dimana taman minimalis ini biasanya diletakkan dibagian belakang rumah ataupun samping rumah akan tetapi dalam keadaan indor. Mereka akan menggunakan beberapa tanaman bunga dengan pot-pot kecil dan dilengkapi oleh karpet rumput imitasi. Taman pada rumah dengan dsain minimlais sederhana tidak menggunakan tanaman-tanaman besar karena memang tidak sesuai dengan dsain yang ada. Selain itu hal yang sangat harus diperhatikan adalah mengenai peletakan tanaman itu sendiri, harus sesuai dan pas dengan dsain rumah yang diusung.

Salah satu hal yang paling menonjol dari gaya rumah minimalis sederhana adalah eksterior dari rumah tersebut, dimana biasanya rumah-rumah bergaya minimalis modern akan menggunakan gaya atap, yang datar, condong, ataupun sedikit landai. Rumah minimalis sederhana juga memiliki gaya dengan bukaan lebar dan juga garis-garis lurus yang dominan, entah horizontal ataupun vertikal yang sangat tegas.

Related posts