Jenis Pagar Minimalis Modern Terbaik 2020

Pagar minimalis modern saat ini adalah suatu unsur yang diperlukan dalam rumah atau bangunan. Untuk bahan yang paling diminati yaitu berupa besi dibandingkan kayu ataupun bahan pembuatan pagar yang lain. Tentu saja hal ini melihat dari karakter besi yang sifatnya lebih kuat dan akan tahan lama.

Sejarah pagar besi di Indonesia sendiri dimulai dari masa kolonial dimana besi tempa sebelumnya hanya diimpor saja. Lalu pada sekitar tahun 1800-an, mulai banyak pandai besi di Indonesia. Hal inilah yang membuat masa itu dianggap sebagai masa pertumbuhan penggunaan pagar besi untuk rumah.

Jenis Pagar Minimalis Modern

Perlu diketahui kalau pagar tentu saja fungsi utamanya sebagai pengaman. Akan tetapi kita juga harus dapat memilih variasi yang tepat supaya bentuknya juga menarik. Hal ini akan membuat rumah dan pagar jadi lebih serasi. Berikut ini adalah beberapa jenis pagar yang bisa Anda pilih salah satunya :

Pagar Besi Hollow Galvalume

Pagar minimalis modern pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah hollow galvalume. Galvalume atau Zinc Alume sendiri adalah suatu proses pelapisan dimana akan terdapat besi dan aluminium di dalamnya. Kalau kita melihat dari segi komposisi, maka dari segi ketahanan akan karat sangat baik.

Kualitas yang terbilang sangat bagus ini yang kemudian membuat tipe pagar satu ini lebih mahal dibanding tipe yang lain. Kisaran harga pagar hollow galvalume ini mulai dari Rp. 400.000/m2. Tentu saja akan ada perbedaan harga yang dipengaruhi pabrik yang mengeluarkan produk pagar tersebut.

Kalau kualitasnya semakin bagus, maka tentu saja dari segi harga akan lebih mahal lagi. Umumnya kalau kita mencari dipasaran, maka akan menemukan pagar hollow galvalume dengan ukuran panjang 9 meter. Disini yang berbeda adalah ketebalannya, ada yang 0.6 mm, 0.7 mm, 0.8 mm sampai 1.7 mm.

Pagar Besi Tuang

Besi tuang adalah salah satu teknik pembuatan pagar yang tidak asing lagi. Memang umumnya pbesi tuang memang dipakai juga dalam pembuatan gerbang selain pagar. Tentu saja seperti namanya, untuk proses pembuatan pagar ini memakai pemrosesan biji besi yang dilebur pada proporsi tertentu.

Kalau biji besi sudah berhasil dilebur, maka langkah selanjutnya tinggal menuangkannya pada sebuah cetakan. Cetekan ini umumnya sudah dilengkapi dengan bentuk sampai ukuran yang diinginkan. Dalam pagar satu ini di dalamnya dilengkapi dengan beberapa kandungan uang karakternya berbeda-beda.

Misalnya saja mulai dari kandungan berupa karbon, belerang, mangan, silion sampai fosfor. Perbedaan karakter beberapa kandungan tersebut mampu melebur sehingga membuat pagar yang kuat.

Pagar Seng Aluminium

Selanjutnya ada tipe pagar minimalis modern seng aluminium. Untuk pagar yang satu ini di dalamnya terdapat kandungan logam campuran zinc dan aluminium. Untuk karakter utamanya sebenarnya hampir mirip dengan plat galvalume. Hal ini yang membuatnya cocok digunakan buat pagar di luar ruangan.

Selanjutnya ada tipe pagar minimalis modern seng aluminium. Untuk pagar yang satu ini di dalamnya terdapat kandungan logam campuran zinc dan aluminium. Untuk karakter utamanya sebenarnya hampir mirip dengan plat galvalume. Hal ini yang membuatnya cocok digunakan buat pagar di luar ruangan.

Selain cocok jadi bahan pembuatan pagar, dipakai buat bahan atap atau talang di rumah juga cocok. Material satu ini sendiri terbilang cukup ringan. Hal ini yang membuat proses pemasangan nanti lebih cepat karena mau diangkat kemanapun lebih mudah. Terlebih harganya hanya berkisar Rp. 300.000/m2, jadi pengeluaran akan lebih sedikit.

Tapi yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik memakai pagar seng aluminium ini, harus dilengkapi dengan cat anti karat buat besi. Hal ini ditujukan supaya masa awetnya lebih lama.

Pagar Strip

Pagar besi strip saat ini jadi salah satu yang banyak digunakan juga oleh masyarakat. Kalau kita perhatikan dari bentuknya memang mirip sama papan kayu. Umumnya yang dijual di pasaran ukurannya standar yaitu 6 meter untuk panjangnya. Sementara itu kalau lebarnya mulai dari 100mm-200mm.

Lalu kalau ketebalannya sendiri paling kecil 3mm sedangkan yang paling tebal bisa mencapai 12 mm. Bahan plat strip yang digunakan untuk membuat pagar jenis ini sebenarnya punya banyak fungsi lain. Terutama karena bisa juga kita pakai jadi material mebuatan teralis jendela dan pintu juga.

Pagar Stainless Steel

Pagar minimalis modern dari stainless steel memang umum dipakai buat Anda yang punya rumah dengan desain minimalis. Pagar satu ini sendiri sebenarnya punya desain yang sangat sederhana. Akan tetapi sangat menarik karena tetap akan ada beberapa desain ukiran yang sangat indah buat eksterior rumah.

Pagar stainless steel ini nantinya bisa Anda kombinasikan lagi dengan dinding batu bata supaya lebih menarik. Beberapa kelebihan dari pagar jenis ini adalah anti karat. Akan tetapi supaya lebih awet, Anda juga bisa memakai cat besi anti karat supaya penampilan pagar Anda juga lebih menarik.

Sementara itu kalau kita melihat kisaran harganya sendiri masih di pertengahan saja. Hal ini disebabkan karena pagar stainless steel ini tidak bisa disebut murah ataupun mahal. Saat ini kalau Anda mencari dipasaran, maka akan menemukan kisaran harga Rp. 600.000-Rp. 1.000.000-an/m2.

Pagar BRC

BRC adalah singkatan dari British Reinforced Concrete. Dimana sebelumnya berhasil ditemukan oleh sebuah perusahaan kontruksi asal Singapura. Kalau di Indonesia sendiri BRC juga banyak dipakai jadi pagar minimalis modern karena dari segi karakteristik yang termasuk cukup unggul.

Kalau Anda mencari dipasaran, maka bisa menemukan pagar dengan diameter 5mm-8mm. Sebenarnya ukuran diameter ini tergantung juga dengan ketinggian pagar BRC yang akan digunakan. Jika pagar BRC yang akan dibuat itu punya ketinggian yang cukup besar, maka dari segi diameter akan diperbesar lagi.

Jenis pagar BRC ini memang sangat disukai karena terbilang siap pasang. Selain itu penggunaannya juga cukuk fleksibel. Jadi selain digunakan buat pengaman rumah, cocok juga untuk Anda pasang di kantor atau bangunan lain. Untuk harganya berkisar Rp. 200.000-Rp. 500.000-an.

Pagar Besi Vial

Pagar besi vial dilengkapi dengan beberapa jenis tergantung gaya yang diinginkan. Misalnya saja jenis pertama yang pembuatannya dari aluminium tubular. Jenis satu ini adalah yang paling murah. Sementara itu yang termahal adalah yang terbuat dari baja padat dan besi cor yang sangat kuat.

Pagar satu ini sebenarnya bisa dipasang oleh Anda sendiri walaupun belum berpengalaman. Tapi nantinya akan ada proses penggalian lubang untuk pemasangan pagar, jadi kalau belum berpengalaman bisa meminta bantuan ahli. Umumnya para profesional akan mampu dengan cepat memasang pagar vial.

Sementara itu kalau dari segi perawatan sendiri cenderung sangat mudah. Terutama karena sebenarnya tidak diperlukan perawatan sama sekali karena memang anti karat. Tapi jika Anda ingin keawetan pagar vial lebih dari 20 tahun lamanya, maka bisa diberikan pelindung di permukaan pagar Anda.

Pagar Besi Lipat

Jenis pagar besi lipat adalah salah satu tipe yang populer juga selain tipe dorong. Tentu saja sesuai namanya jenis pagar satu ini sudah didesain supaya bisa dilipat dan dapat digunakan sebagai penghias rumah. Jenis pagar yang satu ini sendiri sebenarnya juga termasuk yang sangat sederhana.

Tapi tetap saja jika Anda tertarik memakai jenis pagar lipat, harus memilih yang kualitas bahannya paling bagus. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa memilih yang paling awet. Apalagi di Indonesia yang dilengkapi banyak paparan sinar matahari. Selain itu hujan juga bisa terus menerus datang.

Sementara itu untuk rumah yang cocok memakai tipe pagar lipat yaitu rumah klasik dan sedikit mewah yang ukurannya cukup luas. Dan untuk warna yang paling banyak dipakai kalau tidak hitam, putih pasti doff. Memang pemilihan warnanya kebanyakan lebih minimalis sesuai sama jenis rumahnya juga.

Pagar Kayu

Pagar minimalis modern selanjutnya terbuat dari bahan kayu. Penggunaan material berupa kayu untuk pagar rumah sepertinya memang masih layak sampai saat ini. Hal yang perlu diperhatikan disini adalah kalau tidak semua jenis kayu itu bisa dipakai buat pagar. Perlu dipilih kayu jenis terbaik untuk pagar.

Beberapa jenis kayu yang cocok digunakan untuk pagar antara lain seperti kayu ulin, merbau sampai jati. Ketiga jenis kayu ini memang cenderung anti air. Jadi kalau sering kehujanan sekalipun akan tetap tahan. Terlebih lagi kalau sebelumnya sudah dilumuri dengan cat kayu yang membuatnya tambah kuat.

Penggunaan material kayu ini sendiri untuk zaman sekarang tidak boleh monoton. Maka dari itu disarankan juga Anda memakai kombinasi antara kayu dan besi. Kombinasi ini akan menghasilkan visual yang begitu unik. Nantinya rumah Anda akan kelihatan lagi nilai estetikanya.

Pagar Besi dan Kaca

Pagar besi dan kaca sendiri adalah pagar yang desainnya mirip seperti jendela rumah. Tentu saja akan digunakan di depan rumah sebagai pagar yang sangat kuat. Selain itu karena memakai bahan berupa kaca, tentu saja akan sangat menarik dan berbeda dibandingkan pagar milik orang lain.

Anda disini tidak perlu khawatir mengenai keawetan dari kaca yang digunakan untuk pagar. Terutama karena kaca yang digunakan disini bukanlah kaca sembarangan, melainkan berupa tempered glass. Bahan satu ini memang sudah sangat terkenal digunakan untuk berbagai kontruksi rumah saat ini.

Nantinya tempered glass yang digunakan sendiri ketebalannya mulai dari 1 cm. Pagar satu ini akan cocok buat Anda yang suka dengan desain pagar aman tapi tetap cantik.

Tips Memilih Pagar Minimalis Modern

Kita sudah mengetahui berbagai macam jenis pagar minimalis diatas. Tentu saja masing-masing jenis pagar dilengkapi dengan karakter, sifat, kelebihan dan kekurangan tersendiri. Disini kalau Anda belum mengetahui mana pagar terbaik, maka harus mengetahui tips memilih pagar minimalis modern dibawah ini :

Pilih Bahan Material yang Tepat

Sebelumnya kita sudah ketahui walaupun besi adalah bahan yang paling populer saat ini, akan tetapi masih ada beberapa jenis bahan lain yang bisa dipilih. Misalnya saja memakai batu alam, kawat, batu bata, kayu sampai memakai tanaman. Tentu saja masing-masing dilengkapi dengan kelebihan tersendiri.

Misal disini kita bisa mengambil contoh dari besi tempa. Untuk jenis yang satu ini sendiri dilengkapi dengan daya tahan yang paling kuat diantara yang lainnya. Selain itu modelnya terbilang juga sangat banyak. Disini membuat Anda bisa memilih tipe terbaik untuk Anda.

Kalau Anda ingin yang benar-benar dapat melindungi privasi, maka pilihlah yang tinggi. Kalau Anda punya rumah yang minimalis, maka pilihlah yang efisien saja seperti tipe cutting laser maupun besi tempa. Kalaupun mau pakai tanaman, pilihlah tanaman yang kerimbunannya tidak terlalu besar.

Pilih Warna Terbaik

Pagar yang bagus bukan hanya dapat menjamin keamanan akan tetapi juga harus punya tampilan yang bagus. Kalau Anda ingin memasang pagar pada sebuah rumah minimalis, maka bisa memilih warna pastel maupun putih. Hal ini sendiri bisa juga dilakukan saat memilih berbagai macam tipe rumah lainnya

Disini warna putih memang jadi salah satu warna yang bagus untuk dipilih. Terutama karena nantinya tampilan polos sendiri akan membuat kesan yang cenderung sangat sederhana, akan tetapi tetap kelihatan mewah dan anggun. Tapi tentu saja untuk warna seperti ini tetap ada kekurangannya.

Misalnya saja mudah terkena kotoran dan debu. Hal ini membuatnya jadi lebih cepat kusam dan tidak kelihatan memukai lagi. Tapi jangan khawatir kalau mampu melakukan perawatan yang rutin pada pagar Anda.

Faktor Keamanan Nomor Satu

Seperti kita ketahui kalau keamanan adalah suatu hal yang paling diperlukan untuk kita saat memilih sebuah tipe pagar. Tentu saja yang namanya pagar harus dipilih yang benar-benar akan selalu maksimal dalam membuat rumah kita terlindungi dari berbagai macam hal di luar yang bisa saja membahayakan.

Disini supaya pagar bisa lebih aman, jangan lupa pasang kunci dan ada asuransi properti. Untuk asuransi sendiri tentu saja akan jadi pelindung atau penjamin rumah Anda. Hal ini berupa asuransi ASRI atau Asuransi Rumah Idaman yang bisa diperoleh dari ACA.

Untuk asuransi tersebut bisa melindungi dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja kalau ada kebakaran, pencurian ataupun bencana alam.

Pencahayaan

Elemen dekoratif adalah salah satu hal yang dapat digunakan untuk mempercantik pagar rumah kita. Salah satu elemen dekoratif ini berupa pencahayaan memakai lampu sorot. Pencahayaan di pagar ini sendiri terutama di malam hari akan membuat kelihatan lebih cantik, jadi sangat disarankan.

Lampu sorot untuk pagar sendiri akan membuat visual dari sangat eksklusif beda sama pagar orang lain. Lampu ini nantinya akan membuat kesan yang sangat bagus akan tetapi tergentung juga sama sorot lampunya juga. Supaya kelihatan lebih maksimal, Anda juga bisa meminta bantuan dari para ahli.

Kombinasi Material

Tips terakhir dalam pemilihan sebuah pagar rumah adalah melakukan kombinasi material yang berbeda. Disini beberapa contoh yang sering digunakan adalah kombinasi pagar beton dengan bahan materal kayu. Kombinasi ini sendiri akan membuat kesan monoton pada rumah Anda jadi hilang.

Atau kombinasi lainnya yaitu kayu dan besi. Kombinasi ini sudah kita bahas sebelumnya dalam tipe pagar diatas. Tentu saja penggunaan material tambahan berupa kayu akan membuat penampilan yang lebih dinamis. Selain itu kesan hangat di dalam rumah pun juga lebih terasa lagi.

Selalu disarankan untuk Anda, sebelum memilih tipe pagar yang diinginkan, cocokkan dulu dengan tipe atau desain rumah Anda sendiri. Selain itu jangan lupa melihat harga dari jenis pagar yang akan digunakan. Jangan sampai pagar terlalu mahal untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan semua tips memilih pagar yang tepat seperti penjelasan diatas. Pasti Anda akan dapat menemukan tipe pagar impian Anda. Itulah pembahasan kita mengenai berbagai tipe dan tips memilih pagar minimalis modern. Semoga bermanfaat.

Related posts